Selasa, 29 November 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta kasih merupakan bagian hidup diri manusia. Untuk pengungkapan rasa cinta kasih dipergunakan berbagai bentuk media. Seperti media bahasa dan media nada.

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminto kasih sayang atau cinta kasih adalah perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang.



Dalam kasih sayang, sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, dan saling pengertian, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Yang dapat merasakan cinta kasih bukan hanya suami-istri atau anak-anak yang beranjak remaja, melainkan bayi yang masih merahpun telah dapat merasakan kasih sayang dari ayah dan ibunya.


Cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki tiga unsur, yaitu :
1. Keterikatan (Cinta Setia)
2. Keintiman (Cinta Saudara)
3. Kemesraan (Cinta Rayuan)

Cinta memiliki tiga tingkatan:
1. Tinggi (Allah dan Rasulnya dan berjihad di jalan Allah)
2. Menengah (orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat)
3. Rendah (keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal).

 Ada berbagai bentuk cinta yaitu :
  1. Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudaraan tidak mengenal adanya batas – batas manusia berdasarkan SARA.
  2. Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya. 
  3. Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
  4. Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dari diri sendiri. Cinta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
  5. Cinta Terhadap Allah

Hikmah cinta adalah sangat besar, hanya orang yang telah diberi kepahaman dan kecerdasan oleh Allah sajalah yang mampu merenungkannya. Diantara hikmah-hikmah tersebut adalah :
1. Cinta itu adalah merupakan ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia,
2. Cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan lingkungan
3. Cinta merupakan faktor utama di dalam kelanjutan hidup manusia
4. Cinta merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota
     keluarga, kerukunan bermasyarakat,

Referensi:
-Nugroho, Widyo dan Achmad Muchji. ILMU BUDAYA DASAR. Jakarta: Universitas Gunadarma
-Sujadi.1986. ILMU BUDAYA DASAR. Jakarta: Karunika Jakarta
-www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar