Rabu, 30 November 2011

Manusia dan Penderitaan

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan merupakan bagian kehidupan manusia. Tiap manusia akan mengalaminya, namun kadar penderitaan itu tidak sama setiap manusia. Penderitaan dapat menimbulkan daya kreativitas baik pada si penderita maupun orang yang menyaksikan. Daya kreativitas untuk menciptakan hasil budaya sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.
Penderitaan merupakan inspirasi, sehingga hatinya tergerak untuk menuangkan penderitaan dalam bentuk seni, untuk dikomunikasikan dengan para pembaca atau penonton. Tetapi sebaliknya ada pihak-pihak tertentu yang justru menjadikan penderitaan sumber komersil. Seperti halnya jatuhnya pesawat ditengah hutan sulawesi tengah atau terkenal dengan peristiwa “Tinombala” yang kemudian dijadikan film ceritera.


Penderitaan, Media Masa Dan Seniman
Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya  mensejahterakan manusia dan sebagian lainnya membuat manusia menderita.
Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat. Tetapi tak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.


Penderitaan Dan Sebab-Sebabnya
Berdasarkan sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut :
A)   Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia :
  • Perbuatan semena-mena kepada pembantu rumah tangga
  • Perbuatan buruk orang tua yang menganiaya anak
  • Perbuatan buruk para pejabat zaman orde lama
  • Perbuatan buruk manusia terhadap lingkungan : banjir dan tanah longsor, perbuatan lalai : gas beracun.
B)   Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan
  • Seorang anak lelaki buta sejak dilahirkan;
  • Nabi Ayub mengalami cobaan Tuhan
  • Tenggelamnya Fir’aun di laut Merah.
Pengaruh penderitaan
Sikap yang timbul pada orang yang mengalami penderitaan berupa sikap positif ataupun sikap negatif.  Contoh sikap negatif yaitu penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti, misalkan tidak mau kawin, tidak punya gairah hidup.
Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan. Sikap positif biasanya kreatif dan tidak mudah menyerah.
Apabila sikap negatif dan sikap positif ini dikomunikasikan oleh para seniman kepada para pembaca, penonton, maka para pembaca, para penonton akan memberikan penilaiannya.

Referensi:
-Nugroho, Widyo dan Achmad Muchji. ILMU BUDAYA DASAR. Jakarta: Universitas Gunadarma
-Sujadi.1986. ILMU BUDAYA DASAR. Jakarta: Karunika Jakarta
-www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar